• Gula Darah |Kapan Saja Gula Darah Harus Diperiksa ?

    Posted on July 1, 2011 by in Penyakit Diabetes Melitus

    Pemeriksaan gula darah lazimnya dilakukan dengan puasa dulu minimal 10 jam, atau gula darah sewaktu-waktu setiap saat dikehendaki (pakai glucometer/sejenisnya). Hasilnya tentu berbeda. Bagi yang diduga DM perlu pemeriksaan gula darah puasa dan diulangi lagi 2 jam persis sehabis makan. Pada pemeriksaan check up penyaringan, cukup gula darah sewaktu. Pada kasus yang hasilnya meragukan, dilakukan pemeriksaan gula-darah secara khusus.

    gula darah Nutrigold D, obat herbal spesialis penyakit diabetes anda yang telah terbukti puluhan tahun berhasil membantu penderita diabetes lepas dari penyakit yang mematikan. Kami sudah memproduksi obat ini lebih dari 20 tahun! (Klik disini untuk informasi lebih lanjut).

    Gula-darah yang sukar terkontrol memerlukan latihan fisik yang lebih banyak. Mungkin peru sampai tiga kali dalam sehari. Pilihan jenis obat atau dosis obat perlu ditukar atau ditambah bila gula darah tak terkontrol.

    Penderita diabetes harus membeli alat pengukur gula-darah seperti Glucometer dan sejenisnya. Bila gula-darah masih tinggi, penderita harus mengukur gula darahnya setiap 2 jam setelah makan. Ini untuk mengontrol apakah pola makannya sudah benar atau tidak.

    Selain pemeriksaan gula-darah biasa, sekarang dilakukan pula pemeriksaan darah khusus HbA1c. Pemeriksaan HbA1c ini untuk memantau fluktuasi kadar gula-darah selama kurun waktu tiga bulan. Pemeriksaan ini untuk melihat sudah seberapa jauh

    kerusakan kelenjar pankreas mencerminkan potensi memproduksi insulin. Dengan cara pemeriksaan ini dapat dinilai perjalanan penyakit DM lebih dari sekadar memonitor kondisi gula-darah sewaktu belaka. Normalnya nilai HbA1c dibawah 6.5.

    Selain gula-darah, apa lagi yang harus diperiksa ?

    Perlu rutin diperiksa juga lemak darah (lipid) seluruhnya, yakni kolesterol dan dirinci LDL, HDL, Total kolesterol, TG (trigliserida), asam urat serta HbA1c. Selain itu berat badan secara berkala diamati tidak sampai lebih dari berat badan ideal dan tekanan darah juga terjaga dalam batas normal.

    Penderita kencing manis di atas usia 60 tahun, nilai gula-darah puasa mungkin menjadi lebih tinggi dari usia muda sehingga dapat melebihi 126 mg/dl. Maka nilai normal gula-darah puasa kurang dari 150 mg/dl dan sesua makan kurang dari 200 mg/dl. Demikian pula kadar lipid, termasuk tekanan darah, mengacu pada batasan krtirea pengendalian sedang.

     

    *****

    Kata kunci :

    gula darah, kencing manis, diabetes

    gula darah, kencing manis, diabetes

    gula darah, kencing manis, diabetes

    Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bad Behavior has blocked 1662 access attempts in the last 7 days.