• Kolesterol |Kenali Hubungan Lemak Dan Kolesterol Jahat

    Posted on October 31, 2011 by in Kolesterol

    kolesterolKolesterol itu sejenis lemak. Lemak yang diperoleh tubuh dari menu hewani. Koleterol tidak terdapat dalam semua menu nabati. Kacang, santan, minyak kelapa sawit, tidak mengandung kolesterol, namun mengandung asam lemak jenuh.

    Dalam setiap makanan berlemak selain terkandung unsur kolesterol sekaligus dapat berisi asam lemak jenuh juga. Agar menyehatkan, bukan hanya asupan kolesterol yang tak boleh berlebih dalam menu harian. Kelebihan asam lemak jenuh dalam tubuh pun akan diubah menjadi kolesterol juga.

    Apa manfaat kolesterol bagi tubuh?

    Tubuh selalu membutuhkan kolesterol untuk memproduksi hormon, membangun sel-sel, pelapisan serabut saraf, serta pembuatan empedu. Selain diperoleh dari menu harian, kolesterol juga dibuat oleh tubuh sendiri. Bahannya dari triglyceride, yaitu sejenis lemak yang dibuat juga di dalam tubuh.

    Jika porsi makan menu terkolesterol selalu berlebihan, lama kelamaan kadar kolesterol darah akan meningkat. Kelebihan kolesterol dalam darah normalnya akan dikirim ke usus menjadi empedu. Tetapi apabila sangat berlebihan, kolesterol akan meninggi dalam darah.

    Berapa kolesterol normal kita?

    Normal kurang dari 200 mg/dl. Antara 200 -239 mg/dl waspada. Di atas 240 mg/dl berbahaya (National Cholesterol Education Programme, NCEP dan Concensus Conference on Cholesterol, USA). Idealnya dipertahankan 150 – 200 mg/dl saja.

    Menilai kolesterol tak cukup hanya itu. Dilihat juga unsur-unsur yang terkandung dalam kolesterol. Perlu dipilah unsur-unsurnya. Dan kadar normal yang dianjurkan untuk orang sehat berbeda dengan untuk orang yang mengidap penyakit jantung koroner dan stroke atau bagi mereka yang berisiko pembuluh darahnya menebal.

    clip_image003Mengapa kolesterol bisa tinggi?

    Kolesterol dalam darah meninggi jika

    1. Menu sendiri tinggi kandungan lemaknya

    2. Produksi kolesterol tubuh meningkat (biasanya sebab faktor turunan)

    3. Pembuangan kolesterol ke usus berkurang

    Kadar kolesterol darah berfluktuasi dari waktu ke waktu, dari jam ke jam dan dipengaruhi oleh faktor keturunan, umur, jenis kelamin, hormon seks dan faktor lingkungan.

    Apa triglyceride itu ?

    Semua lemak dalam menu yang kita makan sehari-hari akan diolah menjadi :

    1. Triglyceride

    2. Asam lemak bebas

    3. Fosfolipid

    4. Kolesterol

    Tiga unsur lemak tubuh yang perlu mendapat perhatian sehubungan dengan kesehatan, yakni asam lemak bebas, kolesterol dan triglyceride.

    Asam lemak bebas sendiri terdiri dari asam lemak jenuh (saturated fatty acid) dan asam lemak tak jenuh (unsaturated fatty acid). Ada dua asam lemak tak jenuh, yakni asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acid) dan asam lemak tak jenuh majemuk (polyunsaturated fatty acid). Jenis asam lemak tak jenuh lebih menyehatkan dibanding asam lemak jenuh.

    Jika asam lemak dibiarkan bebas berlebihan dalam darah, maka akan disimpan sebagai triglyceride. Sebagian kolesterol dalam tubuh dibuat dari trygliceride yang berlebihan juga. Oleh karena itu, jika triglyceride dalam darah berlebih, kolesterol darah juga bisa ikut berlebih.

    Asam lemak jenuh yang tak menyehatkan banyak terdapat dalam lemak hewani, termasuk dalam susu, produk susu, dan daging merah (sapi, kambing, kerbau dan babi). Sedang asam lemak tak jenuh majemuk yang menyehatkan banyak terdapat dalam dalam minyak jagung, minyak bunga matahari, minyak kedelai dan minyak sayur, termasuk minyaik ikan (omega-3).

    Dalam buah-buahan berlemak, seperti durian, advokat, minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal lebih menyehatkan dibanding lemak tak jenuh majemuk.

    Apa semua lemak tidak menyehatkan?

    Sudah disebut, hanya asam lemak tak jenuh yang bila berlebihan menjadi tak menyehatkan. Sedang asam lemak tak jenuh, baik asam lemak tak jenuh tunggal, maupun asam lemak tak jenuh majemuk, sama menyehatkan. Bahkan asam lemak tak jenuh dalam minyak ikan omega-3, misalnya, bisa menurunkan kolesterol darah. Barang tentu, kendati menyehatkan, jika dikonsumsi berlebihan akan menambah berat badan juga.

    Berapa banyak boleh makan lemak setiap hari?

    Jika kolesterol dan triglyceride dalam darah masih normal, tidak ada larangan mengkonsumsi lemak. Namun tetap dibatasi. Untuk menjaga agar lemak atau lipid dalam darah tetap stabil normal, menu lemak harian bukannya sama sekali harus dipantang, melainkan hanya dibatasi.

    Komposisi idealnya, lemak jenuh (daging merah, jeroan, gajih, sush) 10 % saja dari seluruh kebutuhan kalori tubuh dalam sehari dan lemak tak jenuh boleh sedikit lebih banyak.

    Lemak tak jenuh majemuk 10 persen dari total menu sehari dan lemak tak jenuh tunggal 15 persennya. Untuk menghitungnya dikira-kira saja. Jika kemarin sudah makan banyak lemak jenuh, hari ini puasa dulu, tapi lemak tak jenuh boleh tetap dikonsumsi.

    Bagi yang lipid darahnya sudah tinggi, perlu lebih ketat membatasi lemak jenuh, sambil memperbanyak lemak tak jenuh, khususnya lemak tak jenuh berasal dari omega-3 minyak ikan.

    Mengapa omega-3 berkhasiat antikolesterol?

    Omega-3 dalam minyak ikan, tergolong asam lemak tak jenuh majemuk. Sudah disebut asam lemak tak jenuh memiliki sejumlah manfaat. Salah satunya bisa menurunkan kolesterol juga.

    Di dalam omega-3 minyak ikan terkandung asam lemak EPA (Eicosapentaenoic acid) dan DHA (Docosachexaenoic acid) yang menyimpan sejumlah khasiat. Walau tak begitu bermakna, satu diantaranya menurunkan kolesterol dalam darah, selain untuk kesehatan persendian juga.

    Berapa kadar triglyceride normal?

    Normalnya, triglyceride dalam darah kurang dari 150 mg/dl. Yang mewarisi turunan kelebihan lemak darah (hyperlipidemia), kadar triglyceride darah bisa beberapa kali lipat dari normal.

    Jika triglyceride darah lebih dari normal untuk waktu lama, itu akan menjadi gajih dibawah kulit. Orang jadi gemuk. Kulit lebih tebal dibanding orang dengan berat badan ideal.

    Gajih yang berlebih akan diubah oleh tubuh menjadi kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein). Jika berlebih LDL akan membentuk “karat lemak” penyumbat pembuluh darah, yang dampaknya membuat orang terkena serangan jantung dan stroke secara tiba-tiba.

    Sedangkan unsur HDL (High Density Lipoportein) dalam kolesterol, tergolong jenis kolesterol baik.

    *******

    Kata kunci:

    Kolesterol

    Kolesterol

    Kolesterol

    Diabetes melitusPenyakit diabetesPenyakit gulaPenderita diabetesGejala diabetesObat diabetes alami – Obat diabetes herbal – Obat kanker alamiObat kanker herbalAntioksidan alamiObat diabetes- Video badminton gratisVideo bulutangkis gratisWordPress video tutorialCara membuat blog- Free blog- Cara buat blogWaralaba murah- Usaha modal kecil- Iklan gratis Bandung – Alat Kedokteran -

    Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.

Bad Behavior has blocked 1256 access attempts in the last 7 days.